expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 14 November 2017

Analisis Teori Keberbakatan dari Tokoh Psikologi dengan Tokoh idola

Nathan Jonas "Joey" Jordison (lahir 26 April 1975), adalah seorang musisi Amerika, penulis lagu, produser rekaman dan multi-instrumentalis, yang terkenal karena karyanya sebagai mantan drummer dan co-songwriter untuk band heavy metal Amerika Slipknot. Sebagai gitaris di band punk rock Amerika Murderdolls. Jordison bermain di Slipknot sejak formasi mereka pada tahun 1995 sampai kepergiannya dari band pada bulan Desember 2013. Dia adalah drummer dan pendiri band heavy metal Amerika Scar the Martyr yang dibentuk pada tahun 2013 dan dibubarkan pada tahun 2016. Dia dibesarkan di Waukee, Iowa dengan orang tua dan dua saudara perempuannya, dan diberi drum kit pertamanya pada usia 8 tahun. 

Pada saat Jordison mendapatkan drum kit pertamanya, tidak lama untuk memainkan alat musik tersebut, karena bakatnya sudah mulai terlihat. Ayah dari jordison memang menyukai alat musik gitar, tidak lama Jordison belajar drum, ia pun mencoba untuk belajar gitar dan diajari oleh ayahnya sendiri. Sehingga pada usia muda ia sudah sanggup menguasai dua alat musik sekaligus, yaitu drum dan gitar.

 Ketika usia Jordison 21 tahun, ia mempunyai teman yang bernama Paul Gray. Jordison sangat akrab dengan Paul Gray sejak di SMA. Mereka bisa sangat dekat karena keduanya memiliki bidang yang sama disukainya yaitu bermain musik. Setelah mereka lulus SMA Jordison sempat bekerja sebagai penjaga SPBU. Seiring waktu berjalan Jordison dan Paul berniat untuk membikin sebuah band dan pada saat itu Paul mengajak temannya Shawn untuk bergabung dalam tujuan dari Jordison dan Paul untuk membikin sebuah band.

 Singkat cerita pada tahun 1995 mereka telah mendiskusikan pada tujuan mereka yang ingin membuat suatu band dan akhirnya diberikan nama Slipknot. Slipknot pada waktu itu masih 6 personil saja. Dengan band aliran heavy metal dan semua personil menggunakan topeng akhirnya pada tahu 1998 personil mereka sudah lengkap mencapai 9 orang. Kenapa personil band tersebut sangat banyak mencapai 9 orang, dikarenakan dari Shawn ingin memiliki sesuatu yang berbeda dalam bermusik. Apa yang saya maksud ialah sebuah instrumental. Dalam 9 orang tersebut ada posisi sebagai, vokal, gitaris, keyboardis, bassist, drummer, perkusi, dan DJ.

 Pada tahun 1999 terbitlah album perdana Slipknot. Tidak disangkasangka pada saat album perdana tersebut langsung banyak apresiasi musik mereka di Amerika. Lambat laun, perjalanan karir mereka sebagai personil band Slipknot hingga sekarang terbilang sangat sukses dalam sejarah permusikan genre metal. 

Begitu lah mengapa saya meng-idolakan sosok Joey Jordison, dia adalah sosok yang sangat menginspirasi saya dalam bermusik. Dia sebagai drummer di Slipknot dan dia adalah salah satu pilar dari member band tersebut. Dia selalu menciptakan lagu-lagu yang sampai sekarang lagu yang diciptakan dia menjadi salah satu daya tarik bagi para fans Slpknot. Passion dia adalah musik, dan dia tidak memiliki passion lain lagi selain musik dan mencintainya.

 Analisis 

Saya mencocokan kreatfitas idola saya Joey Jordison dengan salah satu teori humanistic dari Abraham Maslow yaitu pada bagian: 

Potensi kreatif manusia. 

Mengutamakan kreativitas manusia merupakan salah satu prinsip yang penting dari psikologi humanistik. Maslow dari studinya atas sejumlah orang tertentu, menemukan bahwa pada orang-orang yang ditelitinya itu terdapat satu cirri yang umum, yakni kreatif. Dari itu Maslow menyimpulkan bahwa potensi kreatif merupakan potensi yang umum yang ada pada manusia. Maslow yakin bahwa jika setiap manusia mempunyai atau menghuni lingkungan yang menunjang setiap orang dengan kreativitasnya maka akan mampu mengungkapkan segenap potensi yang dimilikinya. Dan pada saat yang sama Maslow mengingatkan bahwa untuk menjadi kreatif orang itu tidak perlu memiliki bakat atau kemampuan khusus. Menurut Maslow kreativitas itu tidak lain adalah kekuatan yang mengarahka manusia kepada pengekspresian yang ada pada dirinya.

 Mengapa saya cocokan pada bagian tersebut, Joey Jordison adalah seorang seniman yang sangat berbakat, yang menurut saya segi kreatifitas nya yang dihasilkan benar-benar sangat bagus sekali. Joey Jordison adalah seorang yang sangat berbakat dalam dunia seni. 

Kreatifitas yang bisa ia dapat ialah berasal dari diri nya sendiri dengan menyadari bahwa musik adalah dunia nya. Dengan faktor lingkungan yang sangat mendukung seperti teman dekatnya Paul Grey, Shawn, Corey Taylor, dll dia bisa mengembangkan kreatifitas nya jauh dan lebih jauh lagi hingga menjadi sangat baik. Maka dari itu nama-nama yang saya katakan tadi adalah nama-nama musisi yang hebat, karena mereka sudah bisa sangat sukses sampai sekarang, dengan mincintai apa itu hal yang mereka cintai seperti Seni Musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar